Senin, 24 September 2012

NASIHAT BAGI PARA SUAMI ^_^

- Betapa sabarnya Rasulullah sebagai
seorang suami dalam mengurusi para
istrinya. Begitu sabarnya, sampai-sampai
sebagai sahabat beliau mengatakan, “Tidak
pernah aku melihat seseorang yang lebih
pengasih kepada keluarganya melebihi
Rasulullah Shallallahu ‘alaihi
Wassalam.” (HR. Muslim). Contoh seorang
suami yang penyayang lainnya dapat kita
simak dari kisah Sayidina Umar bin
Khaththab Ra. Beliau yang terkenal
ketegasan dan sikap kerasnya dalam
mengahadapi kemunkaran, pernah berkata
saat didatangi oleh orang Badui yang akan
mengadukan sikap cerewet istrinya. Di saat
bersamaan, Umar pun baru saja mendapat
omelan dari istri dengan suara yang cukup
keras.
Umar memberi nasihat kepada si Badui,
“Wahai saudaraku semuslim, aku berusaha
menahan diri dari sikap (istriku) itu, karena
dia memiliki hak-hak atas istriku. Aku
berusaha untuk menahan diri meski
sebenarnya aku bisa saya menyakitinya
(bersikap keras) dan memarahinya. Akan
tetapi, aku sadar bahwa tidak ada orang
yang memuliakan mereka (kaum wanita),
selain orang yang mulia dan tidak ada yang
merendahkan mereka selain orang yang
suka menyakiti. Aku sangat ingin menjadi
orang yang mulia meski aku kalah (dari
istriku), dan aku tidak ingin menjadi orang
yang suka menyakiti meski aku termasuk
orang yang menang.”
Umar meneruskan nasihatnya, “Wahai
Saudaraku orang Arab, aku berusaha
menahan diri, karena dia (istriku) memiliki
hak-hak atas diriku. Dialah yang memasak
makanan untukku, membuatkan roti
untukku, membuatkan roti untukku,
menyusui anak-anakku, dan mencucui baju-
bajuku. Sebesar apapun kesabaranku
terhadap sikapnya, maka sebanyak itulah
pahala yang aku terima.”
Published with Blogger-droid v2.0.4


Tidak ada komentar:

Posting Komentar